PENDIDIKAN KURIKULUM 2013

KURIKULUM 2013 bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar sejajar dengan negara lain. Apalagi hasil Programme for International Student Assessment mengindikasikan bahwa kiblat pendidikan bukan lagi ke negara-negara di Eropa, tetapi beralih ke negara-negara di kawasan Asia, seperti Tiongkok dan Singapura.
Sayangnya, pendidikan di Indonesia justru stagnan, bahkan menurun kualitasnya. Hasil studi terbaru Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan, Indonesia hanya mampu menduduki posisi ke-61 dari 65 negara peserta PISA untuk kategori matematika.
Berkaca dari hasil PISA, pemerintah berupaya meningkatkan daya saing melalui Kurikulum 2013 yang didesain agar peserta didik lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Kurikulum 2013 mengharapkan adanya keseimbangan antara kemampuan kognitif dengan sikap dan keterampilan peserta didik. Muaranya adalah sumber daya manusia yang cerdas dan berakhlak mulia.
Kurikulum 2013 memberikan kebebasan kepada peserta didik memperkaya pengetahuan dari berbagai sumber, seperti buku, internet, dan lingkungan sosial masyarakat. Peran guru dalam Kurikulum 2013 hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran agar target tercapai. Harapannya adalah para peserta didik meningkat kemampuannya di bidang sains, matematika, dan membaca.
Pengembangan Kurikulum 2013 sangat kontekstual dan perlu untuk peningkatan kualitas pendidikan. Namun, ketika Kurikulum 2013 diterapkan, berbagai hambatan dihadapi akibat kurangnya persiapan dan keseriusan pemerintah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANCANGAN DATA FLOW DIAGRAM

Entity Relationship Diagram

Analisis sistem GOJEK